Jumat, 30 Maret 2012

Persemaian kakao Kebonharjo, Samigaluh


Sekolah Lapang kakao Kebonharjo, Samigaluh 19 Maret 2012

Kecambah kakao dari masing-masing kelompok sudah mulai tumbuh dengan baik, kemudian segera mempersiapkan persemaian , ibu-ibu muda dan tua mengumpulkan tanah untuk persemaian, tanah dicari dari pinggir sungai yang mengandung pasir, ditambah tanah lembut yang digali dari kebun, tanah dan pasir kemudian dicampur dengan pupuk organic yang sudah dipersiapkan 2 minggu yang lalu, ditambah dengan Furadan alami yang juga sudah dipersiapkan 1 minggu yang lalu, kemudian tanah tersebut dimasukkan dalam polibeg ukuran besar dan kecil, mereka berkumpul dalam kelompok-kelompok belajar, setelah polibeg terisi kemudian kecambah kakao itu ditanam dalm masing-masing polibek.
Sementara bapak-apak mempersiapkan rumah persemaian dengan bamboo yang dibentuk seperti rumah, diatapi plastic dan atasnya diberi daun kelapa untuk peneduh, disekelilingnya dipasang jarring agar persemaian amakn dari gangguan ayam atau hewan lain.
Kemudian polibeg yang sudah terisi dengan kecambah kakao di masukkan dalam rumah persemaian disesuaikan dengan kelompok dan jenis kakao yang disemaikan dan diberi label serta sekatan untuk membedakan satu dengan yang lainnya.
Demikian sekolah lapang pada hari senin 19 Maret 2012, meski terik matahari sangat menyengat sangat panas, mereka tetap semangat untuk belajar sambil melakukan kegiatan. (HDN 12)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro