Senin, 12 September 2011

Kelompok Ibu Ibu Bakul “ Kembar”


Kelompok Ibu Ibu Bakul “ Kembar”
Kebonharjo-Banjarsari, Samigaluh, Kulonprogo
Sejarah singkat
Kelompok Kembar adalah kelompok yang dibentuk kurang lebih 9 tahun yang lalu murni dari keinginan ibu-ibu saat itu, kata “Kembar” merupakan kepanjangan dari Kebonharjo Banjarsari, merupakan nama desa di kecamatan Samigaluh, karena anggotanya merupakan ibu-ibu dari desa Kebonharjo dan Banjarsari yang tempatnya berdekatan. Pada awalnya kelompok ini adalah kelompok ibu-ibu bakul ( Pedagang ) yang mencoba mencari modal kerja dengan jalan membentuk arisan, sehingga ada kesempatan anggota untuk meminjam uang arisan, dalam perkembangannya kelompok ini semakin bertambah anggotanya dan tidak hanya dari kalangan bakul tetapi masuk juga Guru, pensiunan Guru, dan pegawai suwasta.
Kepengurusan
Ketua : Ibu Sri Kasmini
Wakil Ketua : Ibu Warsini
Sekretaris : Ibu Titin Purwati
Keanggotaan
Sampai dengan saat ini anggotanya ada 42 orang terbanyak dari ibu-ibu banjarsari
Kegiatan
· Arisan
Arisan dilakukan setiap 2 minggu sekali, jadi dalam satu bulan bertemu 2 kali untuk melakukan kegiatan arisan, dan angsuran pinjaman.
· Simpan pinjam
Simpan pinjam dilakukan dengan memanfatkan dana tabungan dari ibu ibu dan juga melakukan kerjasama dengan LKM, bunga pinjaman kelompok yang biasa diterapkan 0,9 % perbulan, dengan LKM sudah 5 kali dengan pinjaman modal pertama : Rp. 10.000.000, kedua : Rp. 20.000.000, Ketiga Rp. 25.000.000, keempat Rp. 30.000.000, dan kelima Rp. 35.000.000, sampai saat ini semua pinjaman modal sudah kembali, setoran dari anggota lancar, setiap ada masalah kebutuhan modal untuk anggotanya, sehingga kelompok kembar masih membutuhkan modal untuk kegiatan ini.
· Tabungan
Nama tabungan adalah tabungan wisata, setiap anggota setiap bulan wajib menabung tetapi tidak ditentukan jumlahnya, tabungan ini dibuka setiap 3 tahun satu kali, dan digunakan untuk kegiatan wisata, jika biaya wisata tidak mencukupi untuk kegiatan wisata, maka ada kewajiban anggota untukmenambah kekurangan sehingga dapat ikut wisata.
· Wisata
Wisata dilakukan 3 tahun sekali dengan memanfaatkan dana tabungan wisata
· Kegiatan dengan Lesman
Beberapa anggota dari kelompok Kembar sudah megikuti kegiatan dengan Lesman, di Kebonharjo aktif di kelompok tani Patuh dan sudah melakukan Temu Perempuan Tani yang dilakukan pada 12 Maret 2011 yang lalu di Banjarsari sebagian anggotanya terlibat dalam Sekolah Lapang Kakao Organik Kelompok Tani Banjarsari, dan mereka masih berharap ada kegiatan lagi khususnya untuk pemahaman Gender di kalangan ibu-ibu Kebonharjo dan Banjarsari, sehingga kegiatannya tidak hanya simpan pinjam tetapi juga kegiatan lain yang dapat menunjang peningkatan pengetahuan dan pendapatan anggotannya. ( HDN 11 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro