Sabtu, 11 Februari 2012

Pemanfaatan Lahan Kosong


Berkebun Sayur Di Pekarangan Rumah
Petani di sekitar pegunungan Menoreh memang banyak yang kreatif dan inovatif, lahan sempit yang mereka punya tidak menjadi penghalang untuk mengembangkan tanaman sayuran , di sela-sela rumah, di pinggir jalan atau di halaman sempit di depan rumah mereka manfaatkan untuk membuat kebun sayuran, “Namanya petani mas, malu jika hanya untuk kebutuhan sayuran harus beli dari tukang sayur keliling, makanya meskipun hanya bisa berkebun disela-sela pekarangan dan pinggir jalan, kami tetap usahakan untuk menanam sayuran, dengan demikian dapat mencukupi kebutuhan sayur untuk setiap harinya’, demikian dikatakan pak Pardi dari Giripurwo, alasan yang sama juga disampaikan pak Gunanto dari Kebonharjo dan juga pak Hartono dari Nglambur Sidoharjo Samigaluh, memang tidak hanya 3 orang ini yang mengembangkan sayuran di sekitar rumah, melainkan masih banyak petani lain yang juga mengembangkan sayuran dengan cara kreatif seperti ini.
Cara menanam sayuran ada yang menggunakan media polibeg, kaleng bekas, ember bekas, atau langsung ditanam pada tanah dengan dipagari anyaman bamboo seadanya, yang menggunakan polibeg dan kaleng bekas mereka letakkan di teras rumah dan dipinggir jalan, sehingga menambah sejuk tempat tinggal mereka.Jenis tanaman yang biasa ditanam adalah cabe, tomat, kacang panjang, terong ungu dan putih, kobis, sawi, boncis, wortel, sledri dll.
Itulah sekilas cerita dari pegunungan Menoreh, kegiatan kreatif dan inofatif ditengah keterbatasan lahan tetap bisa menanam sayuran, kegiatan ini biasa juga dilakukan oleh orang-orang kota yang juga memiliki keterdapat keterbatasan lahan , memang bertani dengan cara ini memiliki banyak keuntungan, yaitu :
1. Selain untuk penghijauan, tanaman sayuran dapat menjadi sumber kebutuhan sayur
2. Salah satu bentuk penyaluran hobi,
3.Timbulnya rasa bangga jika mampu memanen dan mengkonsumsi sayuran yangditanam sendiri .
4. Diperolehnya sayuran yang lebih terjamin kebersihan dan mutunya, karena
penggunaan pestisida yang dapat ditekan semaksimal mungkin
5. Bertanam sayuran berarti melatih seluruh anggota keluarga untuk lebih mencintai.
   Alam .
6 Bahkan di tengah kondisi harga bahan kebutuhan pokok naik,menanam sayur mayurdi kebun dapat turut membantu perekonomian dalam rumah tangga , bahkan kalau hasilnya lebih, bisa dijual ke pasar
Kiranya masih banyak lagi ide kreatifiatas inofatif yang dikembangkan pada lahan sempit, ada yang menggunakan media pot  horizontal dan fertikal dengan menggunakan pralon atau pot dari tanah liat, ada yang digantung , didirikan , atau ditata pada anjang anjang dari kayu.
Karena menanam sayuran dengan cara ini memiliki banyak keuntungan maka baik kalau ini kita tiru di rumah kita masing-masing, apalagi bagi para petani di pedesaan, pupuk alami dan air masih sangat mudah kita dapat, selamat mencoba.(HDN12)

1 komentar:

  1. saya juga punya perkebunan di halaman rumah. tepatnya depan polres KP baru (desa kalinongko). tanaman sudah mulai berbunga dan berbuah. ya coba-coba..

    BalasHapus

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro