Rabu, 05 Oktober 2011

Kabar Nanggulan

Nanggulan

Pas di hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2011, Kelompok Tani Marsudi Mulyo, Manggal, Simo, Boyolali melakukan anjangsana ke Kelompok Tani Maju, Demen, Wijimulyo, Nanggulan, di Rumah Pak Joko Purnomo ini mereka belajar tentang pembenihan padi, karena kelompok Maju memang maju dipembenihan padi dan beberapa kali mengikuti lomba sampai tingkat nasional mendapatkan juara.

Pak Joko Purnomo pada saat itu memberi penjelasan tentang beberapa jenis benih beserta lebel dan siapa yang bisa memproduksi, kemudian proses pembenihan mulai dari persiapan lahan sampai pada proses pengemasan dan pemasaran, di kelompok maju memang sudah memiliki sarana ada lantai jemur,alat pengering, blower, pengukur kadar air dll. Semua fasilitas berasal dari Dinas dan untuk pemasaran kelompok ini bekerjasama dengan salah satu perusahaan pembenihan, inilah keterbatasan kelompok yang tidak bisa memiliki ijin penjualan sendiri, semua karena hambatan perijinan yang dikeluarkan dari pemerintah.

Padi jenis Ciherang, 64, dan Ketan Wijilestari adalah andalan produk benih dari kelompok Tani Maju dan telah memenuhi kebutuhan dari petani disekitar Nanggulan dan di pasarkan oleh perusahaan rekanan, memang dalam pengelolaan tidak semua petani anggota dapat terlibat, namun hanya beberapa yang terlibat dalam pengelolaan pembenihan.

Banyak pertanyaan dari kelompok Marsudi Mulyo pada Pak Joko, terutama tentang alur pembenihan dan alur mendapatkan label unggu yang biasa diproduksi oleh kelompok Tani Maju , tetapi tidak terbatas tentang pembenihan juga tentang pemupukan dan persiapan lahan di sawah. Semua pertanyaan dapat dijawab oleh pak Joko dengan mudah, karena memang pak Joko adalah pemandu Sekolah Lapang yang sering diadakan Lesman.

Pada akhir kunjungan peserta anjangsana kurang lebih 50 orang ini melihat Unit Prosesing Pembenihan di samping rumah Pak Joko, mereka masih banyak menyampaikan pertanyaan-pertanyaan pada pak Joko dan kelompok Marsudi Mulyo yang dipimpin oleh Pak Sarmono dan pak Sumadi ini melanjutkan perjalanan ke Sentolo di KSU Jatirogo untuk melihat proses ekspor Gula Semut, di KSU kelompok diterima oleh Bu Tutik, Pak Rawiyo, Dll. Setelah beramah tamah dan melihat proses pengemasan gula semut sekaligus merasakan, maka peserta anjangsana kemudian menuju ke pantai Glagah untuk berpariwisata, melepas lelah sambil makan siang.

Yang menarik dari proses ini adalah kesuwadayaan dari kelompok yang sangat baik, karena semua pembiayaan berasal dari swadaya kelompok, ada kas kelompok yang ditambah dari iuran peranggota Rp.20.000. kas kelompok berasal dari kegiatan Sekolah Lapang dengan Lesman, waktu itu biaya untuk konsumsi sedikit disisihkan untuk modal simpan pinjam, dan sampai sekarang bunga dari pinjaman itu dimanfaatkan bersama untuk kegiatan kelompok.

Semoga kegiatan ini menginspirasi untuk kelompok lain. (HDN 11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro