Jumat, 24 Februari 2012

Pembentukan ICS Kakao



ICS KAKAO KULONPROGO
Internal Control Sistem memang sudah banyak diterapkan di kelompok-kelompok tani di Kulonprogo,  (misalnya untuk komoditas gula semut dan padi )  tetapi untuk komoditas Kakao mungkin baru kali ini akan diterapkan di “Forum Kakao Kulonprogo “ salah satu forum yang beranggotakan kelompok-kelompok tani kakao  , meskipun baru diawali di beberapa desa tetapi harapannya penerapan ICS kakao ini akan merambah pada kelompok-kelompok di wilayah potensi kakao di Kulonprogo.
Forum ini pada tanggal 23 Pebruari 2012 telah membentuk kepengurusan yang akan menjalankan ICS, bertempat di rumah Pak Raharjo , Tompak, Giripurwo, Girimulyo, ( sekretariat Forum Kakao) telah dipilih dan ditetapkan kepengurusan ICS , setelah berdiskusi cukup panjang tentang apa dan bagaimana ICS, serta pentingnya ICS kakao dijalankan untuk meningkatkan mutu produk kakao, diskusi ini dipandu mas Mulyono dan Hardono dari Lesman. Kepengurusan ini adalah sebagai berikut :
Kordinator                   : Nardi ( Banjarsari  )
Bagian Pembelian        : Kartina ( Purwosari ), Sutarman ( Jatimulyo )
Bagian Gudang           : Saimin (Giripurwo ), Gunadi ( Banjarsari )
Bagian Pengolahan     : Supriyanto (Banjarsari ) , Maryati ( Pagerharjo )
Komisi persetujuan     : Raharjo (Giripurwo ) , Wiyono (Pagerharjo ), Prapto (Purwosari )
Inspektor internal        : Sri Lestari (Giripurwo), Basuki ( Pagerharjo )
Pendamping lapang     :
1.      Wilayah Banjarsari      : Siswanto
2.      Wilayah Giripurwo     : Eko Sejati, Sardi
3.      Wilayah  Jatimulyo     : Ngatirin,
4.      Wilayah Purwosari      : Suwartono
5.      Wilayah Sidoharjo      : Giwanto
6.      Wilayah Kebonharjo   : Gunadi, Sardi
7.      Wilayah Pagerharjo     : Supriyono
Struktur kepengurusan ini akan disempurnakan lagi, karena masih banyak kader-kader yang belum masuk dalam kepengurusan.
Setelah kepengurusan ini terbentuk maka akan diadakan pertemuan lagi untuk membahas perencanaan kegiatan dan menyusun aturan-aturan agar ICS dapat berjalan, dalam rekomendasi akhir pertemuan pada 23 Pebruari itu adalah sebagai berikut :
1.      Forum Kakao tetap berjalan sebagai payung dari kegiatan peningkatan produksi dan kualitas kakao di Kulonprogo, Kepengurusan Forum adalah, Kordinator Raharjo, Sekretaris Wiyono dan Bendahara Suprapto.
2.      ICS kakao menjadi bagian dari Forum kakao Kulonprogo, yang dalam kegiatannya selalu berkordinasi dan bekerjasama dengan Forum Kakao .
3.      Kegiatan awal dari ICS adalah melakukan usaha pemasaran bersama ( Kakao ) bagi anggota kelompok tani yang masuk dalam Forum Kakao Kulonprogo, dengan tidak menghilangkan kegiatan pemasaran bersama yang sudah dilakukan di tingkat kelompok.
4.      Tentang bentuk kelembagaan , nama ICS , serta keanggotaan akan dibahas setelah ada kegiatan bersama, tetapi tetap mengarah pada  bentuk lembaga yang cocok dengan kegiatan ICS. ( HDN 12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro