Rabu, 11 Juli 2012

Kabar Samigaluh


Lesman bertemu PT. Pagilaran

Di Selasela Sekolah Lapang kakao yang diadakan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Propinsi DIY di Kelompok Mentes Jumblangan Banjarsari Samigaluh,kami dari Lesman dapat bertemu dan berdiskusi dengan bapak Ir. R. Aria Teguh H Kepala Unit Produksi Samigaluh PT. Pagilaran yang pada saat itu memberikan materi pada peserta Sekolah lapang.
Saat diskusi kami saling sharing kegiatan dalam membantu petani meningkatkan produksi dan kualitas kakao, memang PT,Pagilaran memiliki pengalaman banyak dalam pengembangan  kakao ini, karena sudah lama membina petani dalam teknis budidaya dan menampung hasil panen petani, berbeda dengan Lesman yang baru 2 tahun ini memfokuskan diri pada komoditas kakao dan memilih focus pada penerapan Internal Control Sistem (ICS) dalam menjamin mutu kualitas kakao .
Diakhir diskusi kami memperoleh kesepakatan untuk saling mendukung dan menguatkan Petani Kakao di dua Kabupaten, yaitu Kulon Progo dan Gunungkidul, selama ini memang di lapangan para pendamping Lesman sudah saling kordinasi dalam pendampingan kelompok tani kakao, namun Bapak Teguh memberi saran  jika dalam kegiatan-kegiatan ICS yang dilakukan Lesman melibatkan pendamping PT. Pagilaran sebaiknya ada pemberitahuan kepada pihak PT. Pagilaran secara resmi, sehingga apa yang dilakukan para pendamping dapat diketahui  pihak menegement, sehingga menegement  juga ikut bertanggungjawab terhadap semua dampak dari kegiatan ini.
Semoga dengan kesepakatan ini Kelompok-kelompok tidak mengalami kegalauan dengan kehadiran Lesman pada usaha peningkatan Produksi dan kualitas kakao petani, karena sebelumnya kelompok-kelompok yang sudah menjadi dampingan PT.Pagilaran menaruh curiga dengan keberadaan Lesman dan mereka memang kemudian mendorong Lesman untuk duduk bersama dengan PT. Pagilaran agar masing-masing bisa berjalan sesuai misinya, karena visinya sama yaitu mensejahterakan petani kakao.(HDN12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro