Jumat, 06 Mei 2011

Memulai Sekolah Lapang Kakao Organik








Dua Gabungan kelompok Tani pada bulan April mulai melakukan proses SL Kakao Organik bersama Lesman, masing-masing di Gapoktan Giripurwo mulai tanggal 28 April 2011, bertempat di dukuh Kepundong Rumah bapak Mujiran, Giripurwo, Girimulyo, dengan jumlah peserta 40 petani perwakilan dari 15 kelompok, sedangkan di Banjarsari Samigaluh bertempat di rumah pak Nardi Jumblangan, Banjarsari , diikuti oleh lebih dari 40 orang perwakilan dari sekitar 12 kelompok di Banjarsari.
Di masing-masing kegiatan itu keterlibatan perempuan dan kaum muda sudah terakomodir mengikuti kegiatan ini, karena keseriusan dari ketua Gapoktan dan ketua kelompok untuk belajar Kakao, maka dalam kegiatan ini kelihatan semua nampak bersemangat dan mau terlibat sampai acara selesai.
Rencananya SL ini akan berlangsung sampai 16 kali pertemuan dengan materi lengkap mulai pembiitan, penanaman, pemeliharaan, pengelolaan hama dan penyakit, pembuatan pupuk organik, ekologi tanah sampai pada proses pasca panen dan pemasarannya, juga akan dibahas tentang pengorganisasian kelompok, terutama untuk pemasaran bersama kakao, agar potensi ini dapat memiliki peran penting dalam peningkatan hidup petani di Kulonprogo.
Kegiatan Sekolah lapang ini juga dikordinasikan dengan disbun dan PT. Pagilaran yang sudah sejak lama mendampingi petani kakao di Kulonprogo, diharapkan mereka dapat berperan sebagai narasumber untuk materi-materi di Sekolah lapang ini. ( HDN 11 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro