Selasa, 13 Maret 2012

Furadan Alami


FURADAN ALAMI
Furadan   digunakan untuk membunuh serangga dalam bentuk larva seperti penggerek daun, lalat daun, wereng hijau, ganjur, lundi/uret, nematoda bintil akar, perusak daun, ulat grayak, dan penggerek pucuk, sehingga aplikasi furadan dalam pembibitan sangat membantu agar benih yang disemaikan dapat terbebas dari hama tersebut.
Petani biasa mengenal furadan yang dijual di kios-kios pertanian, namun furadan ini adalah furadan yang dibuat oleh pabrik dan menggunakan bahan-bahan kimia, maka dari itu dalam sekolah lapang kakao di Kebonharjo Samigaluh (12 Maret 2012) diajarkan membuat ramuan yang menyerupai fungsi furadan, resep ini sudah beberapa kali disebarkan dalam sekolah-sekolah lapang yang dilakukan Lesman dan teman-teman CO Kulonprogo.
Bahan furadan hanya menggunakan tiga macam bahan, yaitu Jengkol, Belerang, dan pasir sebagai media menempelnya dua bahan tersebut agar bisa disebar dalam persemaian atau lahan yang akan ditanami, cara membuatnya juga sangat mudah, jengkol di tumbuk atau diparut sampai halus, kemudian dicampur dengan pasir kering dan lembut, setelah bercampur secara merata kemudian disimpan dalam ember dan ditutup rapat dengan plastic sampai 1 minggu baru furadan ini bisa diaplikasikan.
Karena furadan ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia maka kemudian furadan ini disebut Furadan Alami”, dan inilah yang akan digunakan para peserta SL untuk persiapan pembibitan kakao, furadan ini akan dioplos dengan pupuk dan tanah dan dimasukkan dalam polibeg-polibeg pembibitan kakao.Memang dari cerita petani yang sudah menggunakan furadan ini memiliki fungsi yang sama dengan furadan kimia yang dijual dipasaran bebas saat ini. ( HDN 12 )
Jengkol

Belerang/lirang

Jengkol dikupas

Jengkol tumbuk

dicampur

ditutup dengan plastik

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mantap pak orisinal idenya.. furadan alaminya kalo bisa dilanjutkan ke skala penelitian, biar lebih ilmiah untuk menjadi referensi ke pertanaman lain.. apa bapak suda tau zat apa yang membuat jengkol mempunyai fungsi sama dengan furadaN?? maaf, apa Boleh tukeran link bapaK?? blog saya http://chandratama.wordpress.com/tukeran-link/

    BalasHapus

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro