Sabtu, 26 Maret 2011

Komunitas Cah Ndeso







Pertanian Organik
“Subur Nggabur”
“Subur Nggabur” demikian teman-teman yang tergabung dalam ” Komunitas Cah Ndeso ” di Desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh menamakan kebun sayur dan jamur yang mereka kelola secara organik murni, ditanya tentang apa arti dari “Subur Nggambur” mereka hanya ketawa, tetapi pasti mereka memiliki tujuan tertentu memakai nama tersebut yang mereka gali dari bahasa jawa lokal .
Tanggal 18 Maret 2011 kebun sayur ini dikunjungi oleh 2 siswa peserta magang dari BLP ( Bridging Leardership Program ) Aceh yang bekerjasama dengan YPB Bandung dan Lesman , Ulfa dan Eka sebagai peserta diantar oleh teman teman Lesman belajar mengelola kebun sayur dan jamur organic.
Di kebun seluas kira-kira 1 ha ini ditanam beberapa jenis sayuran seperti jesin, kacang panjang, kol, adas dll. Di situ juga ada kebun jamur kuping, dan beberapa tempat pengolahan pembibitan dan pengelolaan pupuk organic, sayur yang mereka tanam dijual pada masyarakat sekitar , “ Ini adalah upaya kami menyediakan bahan makanan sehat bagi masyarakat sekitar “ demikian ujar mas Yono, kordinator Cah Ndeso kepada teman-teman Aceh, saat diskusi di atas gubuk yang dibangun khusus untuk berdiskusi dan ngobrol tentang budidaya organic, didukung alam yang indah dengan latar belakang pemandangan pegunungan Menoreh, dan hawa sejuk memang cocok untuk berdiskusi berlama-lama.
Di kebun ini ada Mas Ndoko yang sangat fasih menjelaskan beberapa jenis yang ditanam di lahan ini, proses pembukaan lahan sampai pada penanganan hama dan penyakit, mas Ndoko sampai hafal sampai nama latinya, ini bukti mereka sangat serius mengelola kebun sayur organic ini, tentu teman-teman dari Aceh menjadi sangat jelas.
Kegiatan Komunitas ini tidak hanya di kebun sayur, tetapi masih banyak kegiatan lain seperti kegiatan budidaya lele, bengkel, Angkringan, pembibitan tanaman keras dan lembaga keuangan ( CU), misi mereka adalah bersama-sama mencari peluang dan mengoptimalkan potensi lokal untuk mendukung anak-anak muda ini agar dapat hidup di Desa, tidak mencari pekerjaaan di luar desa mereka.
Komunitas ini sudah berinteraksi dengan berbagai lembaga terutama dari SPTN HPS, dan Lesman, dengan Lesman baru saja di lakukan penjajakan kerjasama dalam mengembangkan berbagai potensi di Pagerharjo, khususnya tentang kakao dan kegiatan anak-anak yang akan membuka cucian motor, dari Lesman sudah ada mesin untuk cuci motor tinggal dijalankan, oleh mas Mada dan teman teman.
Pertama kali Lesman mengenal Komunitas ini memang ada keinginan agar Lesman ikut membantu mempublikasikan keberadaan Kebun sayur organic ini, agar bisa digunakan sebagai media belajar bagi siapa yang ingin belajar, selain anak-anak SD Pangudiluhur yang sekarang sudah belajar bersama dengan mereka.
Teman-teman Aceh cukup puas melihat kegiatan ini, mereka bisa mengabil pelajaran dari orang-orang muda Pagerharjo untuk bisa hidup di Rumah sendiri. ( HDN11 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Maret 2012

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM

MENGHORMATI ANUGRAH ALAM
kegiatan awal 1 Suro di Nglambur

OBROLAN

Waktu sekarang

pengunjung

Pages - Menu

woro-woro